Rabu, 11 Mei 2016

Halo Arduino

Pada Kesempatan Siang hari yang panas ini pada saat  Kang mas kutak ketik bikin blog asal jadi yang alakadarnya ini. Kang mas ingin mengajak rekan rekan pecinta Arduino untuk sedikit berkenalan dengan si mikrokontroller biru ini.


Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source. Hardwarenya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri. Saat ini Arduino sangat populer di seluruh dunia. Bahasa yang dipakai dalam Arduino bukan assembler yang relatif sulit, tetapi bahasa C yang disederhanakan dengan bantuan pustaka-pustaka (libraries) Arduino. Arduino juga menyederhanakan proses bekerja dengan mikrokontroler, sekaligus menawarkan berbagai macam kelebihan antara lain:



-  Murah Meriah – Arduino biasanya dijual relatif murah (antara 125ribu hingga 400ribuan rupiah saja)  Arduino Original yang asli dari italia memang mahal. Tetapi sekarang banyak Arduino Cloningan yang murah, coba cek Tokopedia dan ketik Arduino pada pencariannya maka akan ditampilkan toko yang menjual Arduino

-  Sederhana dan mudah pemrogramanny. Bagi rekan rekan yang sudah belajar bahasa pemrograman seperti Pascal atau Basic tentu akan mudah dalam mempelajari Arduino Secara otodidak
* Perangkat lunaknya Open Source – Perangkat lunak Arduino IDE dipublikasikan sebagai Open Source, tersedia bagi para pemrogram berpengalaman untuk pengembangan lebih lanjut. Bahasanya bisa dikembangkan lebih lanjut melalui pustaka-pustaka C++ yang berbasis pada Bahasa C untuk AVR.
* Perangkat kerasnya Open Source – Perangkat keras Arduino berbasis mikrokontroler ATMEGA8, ATMEGA168, ATMEGA328 dan ATMEGA1280 (yang terbaru ATMEGA2560). Dengan demikian siapa saja bisa membuatnya (dan kemudian bisa menjualnya) perangkat keras Arduino ini, apalagi bootloader tersedia langsung dari perangkat lunak Arduino IDE-nya. Bisa juga menggunakan breadoard untuk membuat perangkat Arduino beserta periferal-periferal lain yang dibutuhkan.

KELEBIHAN ARDUINO
Warnanya Biru cerah dan sedap dipandang mata....eeeh maap ga ngaruh yaaaa...
Mikrokontroller Arduino tidak perlu perangkat chip programmer karena didalamnya sudah ada bootloadder yang akan menangani upload program dari komputer dan sudah memiliki sarana komunikasi USB. Seperti yang kita ketahui bahwa laptop sekarang hanya mempunyai USB. Jadi tentunya pas dengan tren jaman sekarang. 
Memiliki modul siap pakai ( Shield ) yang bisa ditancapkan pada board arduino. Contohnya shield GPS, Bluetooth,dll.

Ada beberapa pilihan dalam menggunakan mikrokontroller arduino yaitu :

Arduino Original asli italia

Jika anda menginginkan Arduino Asli italia maka cobalah mengecek di situs gerai cerdas atau famosa studio. Harganya diatas 300 ribu untuk Arduino Uno yang original dan untuk Arduino Mega Original harganya sekitar 700 ribuan.

 

Arduino versi cloningan dengan harga murah meriah

Untuk saudara saudara yang ingin belajar mikrokontroller Arduino dengan badget dana pas-pasan maka jangan kuatir karena ada Arduino versi cloningan. Harganya jauh lebih murah dengan harga hanya seratus ribuan.
Nah coba deh lihat pilihan yang ada di bawah ini. 

Arduino Uno R3 

 

Arduino Uno R3 ini sangat mirip dengan versi original bentuk dan warnanya. harganya berkisar 100 sampai 150 ribu. silahkan cek di tokopedia. banyak sekali toko yang menawarkan arduino jenis ini

 

Arduino Uno R3 Clone SMD

 

Untuk menggunakan tipe SMD clone ini, maka harus mendownload terlebih dahulu driver CH340 di http:// www.wch.cn/downloads.php?name=pro&proid=5

  harga Arduino jenis ini di bawah 100 ribu bahkan ada yang cuma 65 ribu udah plus kabel data lhoooo......

 

 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar